Kaliurang merupakan kawasan wisata yang berada di lereng Gunung Merapi. Karena berada di area pegunungan, tidak salah lagi apabila Kaliurang memiliki suasana yang sejuk, asri dan sangat menentramkan jiwa pengunjungnya. Nah, bagi Anda yang masih belum pernah mengunjungi tempat wisata di daerah Sleman ini, alangkah baiknya segera memasukkannya pada daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Siapa yang tidak mengenal Kaliurang, kawasan ini di era penjajahan dahulu sering dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat bagi kaum Belanda. Dan sekarang, Kaliurang juga masih dikenal sebagai tempat wisata terbaik di Jogja, khususnya untuk ketenangan dan keasriannya.

Tidak hanya itu lokasi tempat wisata Kaliurang cukup strategis. Karena berada di daerah yang masih bisa terjangkau oleh akses transportasi roda dua. Tempatnya, Kaliurang berlokasi di Desa Hargobinangunan, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Atau berjarak kira-kira sekitar 27 km dari pusat Yogyakarta. Apabila Anda mengendarai kendaraan, biasanya wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampau di lokasi wisata. Ada beberapa spot foto menarik di wisata kaliurang ini.

Dengan panorama alamnya sangat apik, membuat wisatawan betah dan enggan pulang. Di sini kian banyak tempat wisata baru yang menjadi primadona. Di antaranya bahkan merupakan kawasan wisata yang bangkit dari kerusakan erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu. Berkat polesan tangan kreatif warga, kawasan Kaliurang menjadi tempat wisata dengan wajah mutakhir yang memikat.

Berikut ini 10 tempat wisata di kawasan Kaliurang.

  1. MUSEUM ULLEN SENTALU
    Pada tahun 2014 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan buku berisi koleksi unggulan museum di Daerah Istimewa Yogyakarta, di antaranya adalah koleksi unggulan yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu adalah museum swasta yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dari Jogja dan berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong dengan penasehat antara lain: I.S.K.S. Paku Buwono XII, KGPAA Paku Alam VIII, GBPH Poeger, GRAy Siti Nurul Kusumawardhani, Ibu Hartini Soekarno, serta KP. dr. Samuel Wedyadiningrat, Sp.(B). K.(Onk). Museum ini diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997, oleh KGPAA Paku Alam VIII, Gubernur Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada waktu itu.

Museum Ullen Sentalu ini memiliki visi “Sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa”. Hal ini diterjemahkan dalam misi museum yaitu “Mengumpulkan, mengkomunikasikan dan melestarikan warisan seni dan budaya Jawa yang terancam pudar guna menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada kekayaan budaya Jawa sebagai jati diri bangsa.

Berbeda dengan museum pada umumnya, perjalanan tour di sini terasa lebih mengasyikkan. Selama sekitar 1 jam kita akan diajak berkeliling museum dengan dipandu oleh educator tour yang sangat berpengalaman, ramah dan informatif. Banyak peninggalan sejarah dan kebudayaan Jawa khususnya tentang keluarga Keraton Yogyakarta dan Solo dipamerkan di sini dan yang tak kalah unik di akhir tour kita akan disuguhi wedang anget yang sangat nikmat diminum saat udara dingin.

Saat di dalam museum kita memang tidak diperbolehkan mengambil foto maupun video. Tapi tenang saja sudah disediakan tempat khusus untuk foto-foto dengan background yang keren di luar museum. Saat lapar, di sini juga ada Beukenhof Restaurant & Cafe yang terkenal dengan menu-menu enaknya.

Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu
Rp40.000 (dewasa)
Rp20.000 (anak)
Tersedia harga khusus bagi rombongan pelajar.

Jam Buka Museum Ullen Sentalu
Senin: Tutup
Selasa – Kamis: pukul 8.30 – 17.00 WIB
Jumat: pukul 8.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: pukul 8.30 – 17.00 WIB

Alamat Museum Ullen Sentalu
Jl. Boyong km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0274) 895 161

Cara menuju Museum Ullen Sentalu:Museum Ullen Sentalu berada di kawasan wisata Kaliurang, sekitar 25 km dari Malioboro (1 jam perjalanan). Memang ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan kita sampai ke Museum Ullen Sentalu. Namun, kami tidak merekomendasikannya karena harus 3 berpindah kendaraan, membutuhkan waktu lebih lama, dan jam operasi angkot yang tak menentu. Moda transportasi yang paling praktis adalah naik sepeda motor atau mobil. Jalan menuju Museum Ullen Sentalu sudah diaspal jadi perjalanan akan terasa nyaman.

Dari Taman Bermain Kaliurang kita tinggal lurus saja ke barat dan Museum Ullen Sentalu berada di kanan jalan. Beberapa rental mobil di jogja menawarkan paket wisata ke Kaliurang dan sekitarnya dengan harga murah. Anda bisa memilihnya di Sewa Mobil + Paket Wisata Jogja.

  1. THE LOST WORLD CASTLE
    Pemberian nama The Lost World Castle dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat akan dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 yang telah menyapu bersih kawasan Desa Kepuharjo dan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan membuat perekonomian masyarakat desa tersebut terpuruk. Berdasarkan hasil bertukar pikiran dengan sesama masyarakat desa, tercetuslah pembangunan desa wisata, dengan The Lost World Castle sebagai tujuan wisata utamanya. Pihak desa kemudian menggandeng Ayung, pengusaha lokal, untuk membangun tempat wisata ini.

The Lost World Castle menawarkan tempat wisata dengan spot foto yang unik. Dengan bangunan yang berupa kastil yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya, wisata ini sukses memesona pengunjung. Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan spot-spot foto yang menarik. Yang paling ramai antreannya adalah spot paradise gate dan latar sayap.

Masih ada lagi kawasan dengan rumput hijau yang menghampar luas dengan latar berhias pohon sakura. Pun ada kawasan suku Indian dengan tenda-tenda khasnya lengkap dengan perapian dan patung dinosaurus yang sudah terbunuh. Namun, mengunjungi The Lost World Castle yang berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan.

  1. RUMAH HOBBIT KALIURANG
    Rumah Hobbit Sleman memang belum lama berdiri, namun tempat wisata ini cukup hits di kalangan anak muda Jogja. Tempat wisata ini juga lebih dikenal dengan Rumah Hobbit Cangkringan Sleman. Rumah Hobbit ini sebenarnya berada disebuah taman wisata yang ada di Kaliurang. Warga sekitar mempunyai inisiatif untuk membuat rumah hobbit untuk menarik wisatawan. Bentuk rumah ini sama dengan rumah hobbit yang ada di film dan lebih cocok untuk dijadikan rumah hunian.

Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Lihat: Google Map

Fasilitas
Rumah Hobbit Cangkringan ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang cukup memadai. Fasilitas yang ada di sini di antaranya:

Warung makan
Toilet dan Mushola
Area parkir
Ruang informasi
Tempat sampah
Harga Tiket Rumah Hobbit Sleman
tiket masuk Rumah Hobbit Sleman

Harga tiket masuk Rumah Hobbit Kaliurang ini cukup terjangkau. Bagi kamu yang ingin datang kesini berikut daftar harga tiket masuknya:

Keterangan Harga
Tiket masuk Rp. 8.000,-
Parkir motor Rp. 2.000,-
Parkir mobil Rp. 5.000,-
Tiket masuk Rumah Hobbit Rp. 10.000,-

Jam Buka Rumah Hobbit Sleman
Untuk kamu yang ingin datang ke Rumah Hobbit ini bisa datang mulai dari pukul 8 pagi. Sedangkan jam tutupnya yaitu pada pukul setengah tujuh malam. Kamu sangat disarankan untuk datang pada pagi sampai siang hari agar mendapatkan hasil foto yang maksimal. Mengunjungi Rumah Hobbit Cangkringan ini rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi The Lost World Castle atau kawasan Benteng.

  1. STONEHENGE JOGJA
    Di Yogya tepatnya di lereng gunung merapi dengan lahan rerumputan hijau seluas 200 meter persegi terdapat Stonehenge Merapi Yogya. Meskipun hasil kreativitas manusia namun tempat ini dirancang semirip mungkin dengan stonehenge di Inggris untuk dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Batu-batu yang digunakan untuk membangun ini berasal dari batu-batu bekas erupsi Merapi. Monumen serupa dengan Stonehenge ini dibuat dengan ketinggian batuannya kurang lebih 4 meter. Tentu saja ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto selfie maupun bareng keluarga dan teman-teman Anda.

Bedanya hanya Stonehenge di Inggris terbentuk secara alami sedangkan stonehenge di Yogya merupakan hasil kreativitas tangan manusia. Meskipun begitu, obyek wisata Stonehenge Merapi Yogyakarta ini menjadi salah satu karya yang luar biasa dari seorang manusia.

Alangkah baik nya jika Anda datang ke tempat ini pada waktu siang hari ketika matahari tepat berada di atas kepala kita, karena sinar matahari akan membuat bangunan ini menjadi indah sekali. Lokasi wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00- 18.00 WIB.

Lokasi dan Rute
Sebenarnya destinasi wisata Stonehenge Merapi Yogya ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kepuharjo. Tepatnya terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih satu kecamatan dengan wisata bukit Klangon yang biasa dipakai sebaai trek downhill.

Fasilitas
Stonehenge Jogja merupakan spot wisata yang sering dijadikan tempat untuk berfoto ria. Namun memang tidak begitu dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau piknik dan menghabiskan waktu di lokasi.

Meskipun begitu, tempat ini sudah memadai untuk menjadi lokasi wisata dengan ketersediaan fasilitas seperti tempat parkir dan toilet. Ketersediaan fasilitas memang dibatasi sehingga tidak begitu memerlukan pembangunan demi menjadi lingkungan alamnya yang khas Merapi Jogja.

Informasi Harga
Untuk mengunjungi lokasi ini, para pengunjung perlu mengeluarkan harga tiket masuk per orang dan biaya parkir per kendaraan. Namun biayanya masih relatif terjangkau yaitu cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000, untuk biaya parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.

  1. MUSEUM GUNUNG MERAPI
    Dengan luas bangunan sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare, museum yang ke depan juga akan dilengkapi dengan taman, area parkir, dan plasa ini ingin dikenal masyarakat sebagai Museum Gunungapi Merapi dengan semboyan Merapi Jendela Bumi.

Museum Gunung Merapi ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Museum Gunungapi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif sebagai sarana yang sangat penting dan potensial sebagai pusat layanan informasi kegunungapian dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta sebagai media dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunungapi serta bencana geologi lainnya.

Museum ini juga dilengkapi dengan bioskop mini yang bisa menampung hingga 85 orang. Saat musim libur museum ini biasanya banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang sedang melakukan studi tour ke Jogja maupun rombongan keluarga.

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi: Rp5.000
Ruang audio visual: Rp5.000

Jam Buka Museum Gunung Merapi
Senin: Tutup
Selasa – Kamis: pukul 8.00 – 15.30 WIB
Jumat: pukul 8.00 – 14.30 WIB
Sabtu – Minggu: pukul 8.00 – 15.30 WIB

Alamat Museum Gunung Merapi
Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara menuju Museum Gunung Merapi:
Tidak ada angkutan umum yang melayani rute sampai Museum Gunung Merapi. Namun, kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Jalan menuju Museum Gunung Merapi sudah diaspal jadi perjalanan akan terasa nyaman. Ada 3 rute yang bisa kita pilih, yaitu:

Melalui Jl. Pakem – Turi, belok kanan sebelum pom bensin menuju Jl. Boyong
Melalui Jl. Kaliurang, belok kiri sebelum Hotel Disaster Oasis, lalu belok kanan menuju Jl. Boyong
Melalui Taman Wisata Kaliurang, lurus saja ke arah barat mengikuti Jl. Borong. Kurang lebih 2 km kita akan sampai di Museum Gunung Merapi.

  1. BUKIT KLANGON
    Konsep gardu pandang setinggi 5 meter yang terdapat di tempat wisata Bukit Klangon cocok untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dan berfoto dengan latar yang apik. Terbuat dari bambu-bambu, gardu pandang cukup kokoh meski dinaiki oleh banyak orang. Datanglah pagi-pagi saat matahari terbit ke bukit ini untuk melihat Gunung Merapi yang gagah berdiri dan memesona di arah utara.

Saat sudah lewat dari pukul 07.00 WIB biasanya gunung sudah mulai tertutup kabut. Bukit Klangon sendiri memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang terletak di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan. Selain memiliki spot foto dengan latar Gunung Merapi, Bukit Klangon juga memiliki lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung.

Bukit Klangon terletak sekitar 1.100 meter dari permukaan laut, 34 kilometer sebelah timur laut pusat Kota Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Untuk menuju Bukit Klangon, dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Kota Yogyakarta, dengan jalanan yang cukup menanjak dan berkelok-kelok.

Bukit Klangon juga menjadi salah satu tujuan para penggemar olahraga sepeda. Meski untuk sampai di tempat ini dibutuhkan tenaga dan stamina yang prima. Tapi kelelahan di perjalanan itu terbayar tunai saat tiba di lokasi.

Pengelola Bukit Klangon mematok harga tanda masuk sangat terjangkau untuk para pengunjung, yakni cukup dengan biaya Rp 5 ribu mereka sudah bisa menikmati keindahan tempat ini. Harga itu sudah termasuk untuk biaya parkir kendaraan roda dua.

  1. TAMAN WISATA KALIURANG
    Taman Wisata Kaliurang dapat menjadi referensi wisata akhir pekan keluarga. Pemandangan sekitar sangatlah indah, masih banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang. Ditambah lagi pemandangan puncak Gunung Merapi yang gagah.

Selain itu, udara di sekitar pun masih sangat sejuk. Aroma asap kendaraan bermotor pun tidak tercium di kawasan ini. Berada di sini membuat paru – paru menjadi lebih sehat.

Taman rekreasi ini berada di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Tepatnya berada di Jalan Siaga, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun.

  1. MERAPI PARK
    Merapi Park merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terletak di Jalan Kaliurang km 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Pengoperasian Merapi Park dimulai sejak tanggal 25 Juni 2017. Fasilitas yang tersedia meliputi tempat pengambilan foto.

Sepuluh landmark monumental dari berbagai negara dapat dilihat dalam waktu yang bersamaan di Taman Wisata Merapi Park. Meskipun hanya replikanya, namun ikon berbagai negara yang dihadirkan mirip dengan aslinya. Ikon-ikon itu di antaranya ada menara Pisa, menara Eiffel, Big Ben London, hingga patung Liberty.

Hanya saja, untuk ukuran, beberapa ikon tidak dibangun seperti aslinya. Di taman itu turut menghadirkan hijaunya rerumputan yang menghampar disertai tanaman bunga-bunga. Terlihat gagahnya Gunung Merapi di salah satu sisi langit semakin meneduhkan keindahan di Merapi Park.

Alamat:
Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Jam:
Tutup ⋅ Buka pukul 08.30 hari Sab

  1. TLOGO PUTRI

Tak seperti Merapi Park maupun Stonehenge Cangkringan, Tlogo Putri adalah objek wisata yang sudah lama ada di kawasan Kaliurang. Terletak di lereng Gunung Merapi, wisata ini menawarkan pesona pemandangan alam di ketinggian 900 mdpl. Pepohonan yang rimbun seakan menjadi pemandangan yang akrab ditemukan di tempat ini. Ada juga embung yang menjadi pemandangan utama saat mendekat ke wisata ini.

Wahana air di embung menjadi pelengkap seperti kano dan bebek sepeda kayuh. Pada tepian embungnya, bisa digunakan untuk duduk santai bersama keluarga atau teman. Jika lapar tiba-tiba menyerang atau ingin membeli oleh-oleh, deretan warung makan dan oleh-oleh sudah siap untuk menjadi jujugan para wisatawan.

Kawasan wisata Tlogo Putri juga telah dikembangkan sebagai pusat penyewaan mobil jeep. Deretan mobil jeep yang terparkir, siap membawa pengunjung mengelilingi kawasan lereng Merapi.

Di Kaliurang memiliki banyak tempat wisata salah satunya situs yang dikunjungi oleh wisatawan adalah objek wisata Tlogo Putri. Objek wisata Tlogo Putri Kaliurang terletak di desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Jika kamu mencari tempat di mana kamu dan keluarga dapat bersenang-senang dalam berbagai kegiatan di lingkungan alami yang menyegarkan, Tlogo Putri di Kaliurang adalah tempat yang tepat. Banyak hal yang bisa kamu nikmati dan telusuri di wisata ini.

Lokasi Tlogo Putri Jogja
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Fasilitas yang Ada di Tlogo Putri Jogja
Pengelola Tlogo Putri Kaliurang menyediakan banyak fasilitas untuk pengunjung. Sembari menikmati keindahan danau, kamu bisa menggunakan fasilitas di sana. Berikut daftar fasilitas di Tlogo Putri Jogja.

Bebek air
Taman bermain
Kano (perahu)
Area trekking
Tempat ibadah
Area parkir
Kamar mandi umum
Warung makanan
Harga Tiket Masuk
Tlogo Putri Kaliurang

Untuk bisa menikmati Tlogo Putri Kaliurang kamu tidak perlu membayar mahal. Berapa harga tiket masuk Tlogo Putri Jogja 2019 yang harus dibayar? Berikut list-nya.

Tiket masuk Rp. 6000/orang
Biaya parkir mobil Rp. 10.000
Biaya parkir bus Rp. 20.000
Biaya parkir Rp.2000

Jam Buka Wisata
Tlogo Putri Kaliurang buka setiap hari dan tidak ada libur mulai jam tujuh pagi sampai jam empat sore. Jika tidak terlalu suka keramaian, kamu bisa datang ke sini pada pagi atau sore hari. Jika suka, kamu bisa datang pada hari Minggu. Pada hari Minggu, kawasan ini akan dikunjungi oleh wisatawan yang berniat untuk menikmati keindahan Tlogo Putri. Setiap hari dalam seminggu di pengelola kawasan wisata Tlogo Putri sering mengadakan pertunjukan seni.

  1. AIR TERJUN TLOGO MUNCAR
    Air Terjun Tlogo Muncar merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Sleman. Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, hal itu membuat suasana di sekitar Air Terjun menjadi sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30 sampai 40 meter dan berada di ketinggian 878 meter di atas permukaan air laut, hal itu membuat suhu udara di Air Terjun sekitar 20 sampai 25 derajat celcius.

Walaupun suhu udara dingin, tetapi anda tidak akan kecewa saat mengunjungi Air Terjun tersebut. Karena Air Terjun Tlogo Muncar memiliki air yang segar dan jernih. Air yang ada di Air Terjun Tlogo Muncar ini berasa dari lereng Bukit Plawngan yang letaknya tidak terlalu jauh dari air terjun. Tetapi pada saat musim kemarau aliran air tidak cukup deras dibangdingkan pada saat musim hujan.

Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini oleh warga setempat sebagai tempat yang dulunya pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit yang bernama Dewi Condrokirono. Ada juga yang mempercayai bahwa jika mandi di air terjun ini dapat membuat wajah menjadi awet muda. Air yang dimiliki Air Terjun Tlogo Muncar ini juga dapat menghilangkan rasa penat dalam diri.

By Pakdhul

13 thoughts on “10 Rekomendasi Tempat Wisata di Kaliurang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.