Di tutorial kali ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah dalam membuat blog di blogger/blogspot.

Dengan blog, kita bisa mempromosikan bisnis secara online yang pasarnya sangat luas. Apapun bisnisnya. Bahkan bisa menghasilkan uang dari rumah atau belahan dunia manapun. kita bisa mendapatkan passive income dari blog, bahkan menjualnya.

Selain kita bisa mempromosikan bisnis kita lebiih luas lagi, kita juga bisa mendapatkan Dolar dari Adsense. caranya dengan mendaftarkan blog di google adsense.

Baca Juga : Cara Mudah Daftar Adsense

Apa Itu Blog?

Blog adalah salah satu tipe website yang fokus utamanya adalah berisikan konten artikel kombinasi denga gambar atau bisa juga konten-konten video adan lirik lagu.

Jadi jika ada pertanyaan “apa perbedaan blog dan website?” artinya sama saja menanyakan “apa perbedaan apel dan buah?”.

Jika Anda membuat blog dalam tutorial ini, artinya Anda telah membuat website juga.

Blog pun banyak topiknya, blog fashion, blog berita, blog olahraga dan masih banyak lagi. Anda bisa membuat blog dengan topik apapun. Usahakan memilih topik terpopuler.

Inilah Beberapa Topik blog yang banyak dikunjungi yang mimin rekomendasiin.

Memilih topik yang Anda suka akan membuat proses membuat blog yang sukses semakin mudah. Menulis banyak topik pun gak masalah.

Blog yang dibuat bisa jadi topiknya general, yaitu menulis tentang segala hal apapun yang umum tanpa fokus ke topik tertentu.

Langkah-Langkah Cara Membuat Blog

  1. Memilih Platform Untuk Blog Banyak platform blog yang bisa Anda gunakan, mulai dari WordPress, Blogger, Tumblr, Medium dan banyak lagi.

Namun buat belajar saya lebih menyarankan pakai WordPress, kenapa WordPress. Pertama lebih mudah di mengerti dan dari riset penguna website WordPress lebih banyak pengunanya.

  1. Mencari Nama Domain dan provider Hosting

Untuk membuat blog dengan alamat situs web yang kita inginkan, butuh 2 hal:

Nama Domain – Ini akan jadi alamat blog Anda. Contohnya Facebook.com, TutorialMasak.org dll.
Web Hosting – Ini akan menjadi rumah untukblog Anda, penyimpanan konten atau data blog Anda. Contohnya artikel dan foto yang di upload pada blog tersebut. Banyak peyedia domain seperti Dewameb, Niagahoster,domenisia,dll.

  1. Membuat Blog Gratis Di Blogger/Blogspot

Buka halaman web Blogger.com. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu.

Saat berhasil login selanjutnya masuk ke blogger.com kembali dan di sebelah kiri, klik ikon panah bawah dan temukane Blog Baru dan klik.

Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan alamat blog atau URL yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Dan yang terakhir klik Simpan.

4.Memilih Thema Blog
Agar blog anda tempilnya lebih rapih dan enak di lihat supaya para pengunjung blog anda betah ber lama-lama berselancar di blog Anda, maka thema blog pun harus menarih dan ten tunya responsip juga.

Selesai! Blog anda sudah berhasil dibuat. Gimana? Mudah bukan membuat blog. Selanjutnya anda tinggal blog dengan konten apapun. Agar memiliki banyak traffic pengunjung kamu harus menulis artikel yang unik dan menarik.

Dan admin Punya Tips Cara Cepat Dan Ampuh Meningkatkan Traffic Pengunjung Website atau Blog.

Baca Juga

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *