Kota Bandung adalah magnet bagi wisatawan untuk mampir ke Jawa Barat, dengan berbagai daya tarik yang terus dikembangkan. Mulai dari tempat makan instagramable, museum, cafe kekinian, sampai wisata alam eksotis nan mempesona. Main seharian di Paris Van Jawa dijamin sangat seru dan menyenangkan. Ada begitu banyak destinasi wisata dalam kota Bandung yang siap menemani waktu luang Anda.

Lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta, membuat Bandung menjadi salah satu alternatif liburan bagi warga Jabodetabek, selain Bogor. Waktu tempuh antara Jakarta-Bandung sekitar 2-3 jam melalui jalan tol Cipularang.

Mau tahu rekomendasi tempat wisata dalam kota Bandung terbaik? Simak deh ulasan lengkap di bawah.

Tempat Wisata Dalam Kota Bandung yang Paling Menarik

1.Alun-Alun Kota Bandung
Baru tiba di kota kembang dan bingung mau ke mana? Istirahatlah sejenak di Alun-Alun Bandung. Icon utama dari Kota Bandung ini memang pas banget untuk bersantai bersama keluarga. Dengan hamparan rumput sintetis yang luas, membuat pengunjung lebih nyaman. Mereka bisa duduk,
tiduran dan bahkan bermain bola.

iNews.id

Tepat di belakang alun-alun, ada masjid tertua di Bandung yang dibangun pada tahun 1812. Dengan luas bangunan sekitar 8.575 m 2 , Masjid Agung Bandung mampu menampung hingga 13.000 jamaah. Masjid ini terlihat begitu megah dan sangat indah.

Belum lengkap rasanya jika liburan ke Paris Van Jawa belum mampir ke Alun-Alun Kota Bandung. Lokasinya berada di Jl. Asia-Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol. Tempat ini juga cocok untuk menghabiskan malam di Bandung. Sembari bercengkrama bersama keluarga, Anda akan ditemani gemerlap lampu kota yang indah banget.

2.Gedung Merdeka
Di kalangan muda-mudi, Kota Bandung identik dengan tempat makan instagramable, cafe kekinian dan spot hunting foto yang keren abis. Namun disamping itu, Bandung juga bisa membawa Anda untuk mengenang jasa para pahlawan.

Tempat pertama yang bisa membangkitkan kenangan masa perjuangan dahulu adalah Gedung Merdeka. Disinilah terciptanya Dasa Sila Bandung, sebagai pedoman bagi bangsa-bangsa yang terjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Dasa Sila Bandung menjadi prinsip dasar untuk memajukan kerja sama dan perdamaian dunia. Tepat di samping Gedung Merdeka, ada museum bersejarah yang tidak boleh luput dari daftar kunjungan anda.

3.Museum Konferensi Asia-Afrika Pilihan destinasi wisata dalam kota Bandung berikutnya adalah Museum Konferensi Asia-Afrika. Di museum ini Anda bisa menyaksikan benda-benda bersejarah dari awal sebelum kemerdekaan, sampai sesudah kemerdekaan.

Sesuai namanya, museum ini masih menyimpan berbagai dokumentasi dalam bentuk foto dan video ketika diselenggarakannya konferensi Asia-Afrika. Bahkan bendera-bendera dari negara peserta masih terpajang rapi dan berkibar di dalam museum. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayar, Anda bisa belajar sejarah sepuasnya secara gratis.

4.Tugu Titik Nol Bandung
Dari namanya saja sudah jelas, ini adalah titik awal mula Kota Bandung. Lokasinya dekat dengan. Simpang Lima dan Hotel Savoy Homan. Yaitu hotel bersejarah yang menjadi tempat penginapan bagi delegasi Konfrensi Asia Afrika.

Di belakang Tugu Titik Nol Bandung, Anda bisa melihat kepala lokomotif buatan tahun 1900. Kepala lokomotif ini merupakan salah satu heritage Kota Bandung dan masih berdiri dengan kokoh.

5.Gedung Sate
Gedung Sate adalah destinasi wisata dalam kota Bandung yang bisa dijangkau dengan mudah, karena berlokasi di Jl. Dipenegoro No. 22. Ini merupakan salah satu ikon bersejarah di Kota Bandung, yang tidak pernah sepi dari wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya dari kalangan arsitektur.

Gedung Sate Banudng

Gedung Sate menyimpan sejarah Indonesia mulai dari zaman penjajahan belanda, sampai titik awal bangunan ini didirikan. Desainnya berkiblat pada arsitektur gaya Eropa penuh makna. Sehingga wajar, apabila kalangan arsitektur selalu datang untuk mengambil inspirasi bangunan Gedung Sate.

Selain berfungsi sebagai destinasi wisata, Gedung Sate juga menjadi pemerintahan pusat kota Bandung. Bahkan, Gedung Sate juga sering menjadi tempat penyelenggaraan acara musik dan seni di kota Bandung.

6.One Eighty Coffe
Sebelum melanjutkan liburan, mari kita istirahat sejenak dan mengisi perut yang mulai terasa lapar. Agar lebih asyik dan seru, Anda bisa mengajak keluarga ke salah satu tempat makan instagramable di
Bandung, yaitu One Eighty Coffe.

Cafe ini super gokil dan unik, karena pengunjung bisa menikmati berbagai macam makanan lezat di atas kolam renang. Sembari menyantap hidangan, Anda bisa merendam kaki. Pengalaman seperti ini sangat jarang Anda temukan bukan?
Oleh sebab itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk mampir ke One Eighty Coffe di sela-sela menikmati destinasi wisata dalam kota Bandung.

One Eighty Coffe berada di Jl. Ganesa No. 3, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong. Sekitar 9 menit dari pusat kota Bandung, lewat Jl. Lombok. Buka setiap hari, mulai jam 8 pagi sampai 11 malam.

7.Atmosphere Resort Cafe
Satu lagi cafe hits Bandung yang recomended untuk Anda sambangi, yaitu Atmosphere Resort Cafe. Dari pusat kota, bisa ditempuh selama 7 menit. Beralamatkan di Jl. Lengkong Besar No. 97, Paledang, Kecamatan Lengkong.

Jika melihat dari arsitektur bangunan Atmosphere Resort Cafe yang terbuat dari kayu dan meja khusus untuk lesehan, sekilas mungkin terkesan seperti tempat makan ala Indonesia banget. Namun sebenarnya, Atmosphere Resort Cafe merupakan restoran spesialis makanan khas Eropa. Inilah poin penting yang membuatnya hits dikalangan warga Bandung dan sekitarnya.
Sangat jarang ada restoran yang menawarkan duduk lesehan untuk menikmati hidangan khas Eropa.

Menu makanan favorit pengunjung adalah steak. Datanglah ke Atmosphere Resort Cafe pada malam hari, karena suasananya begitu romantis.
Cocok banget menjadi rekomendasi utama jika Anda sedang mencar tempat romantis di Bandung. View malamnya semakin sempurna berkat kerlap-kerlip lampu kota.

8.Jalan Braga
Setelah puas menyantap makanan, mari lanjutkan perjalanan mengelilingi destinasi wisata dalam kota Bandung kembali. Tujuan selanjutnya adalah Jalan Braga. Kurang lengkap rasanya jika ke Bandung belum mampir ke sini.

Pasti muncul pertanyaan, ada apa saja di Jalan Braga? Tentu ada banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah Braga City Walk, Braga XXI, wisata kuliner, Braga Bandung Nightlife dan lain sebagainya. Dijamin seru dan nggak bakal bosenin meski seharian di Bandung.

9.Jalan Asia Afrika
Hampir saja lupa, ternyata masih ada satu lagi wisata dalam kota Bandung yang tidak boleh luput dari daftar kunjungan yaitu Jalan Asia Afrika. Lokasinya yang strategis, membuat siapapun bisa berkunjung dengan mudah.

Terletak di perlimaan Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Sunda. Tugu Dasa Sila Bandung berada tepat di tengah-tengah perlimaan.
Sepanjang trotoar Jalan Asia-Afrika, dihiasi kursi-kursi taman, bola dunia, pot bunga, dan lampu-lampu unik yang desainnya mirip jalan di Eropa sana. Tempat ini seringkali menjadi pos istirahat bagi warga Bandung yang sedang beraktifitas.Asyik banget lho duduk santai di Jalan Asia Afrika. Pada malam hari, pemandanganya semakin terlihat cantik berhias gemerlip lampu kota.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata dalam kota Bandung, semoga bisa menjadi referensi bermanfaat buat Anda semua. Sekarang sudah tahu kan, liburan di Bandung nggak melulu harus menyusuri daerah-daerah jauh.

By Pakdhul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *