Anies Baswedan menegaskan bahwa dirinya bukanlah “petugas partai” seperti yang sering disebutkan oleh beberapa pihak. Penegasan ini datang setelah dia dan Muhaimin Iskandar dipilih sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilihan presiden tahun 2024.

Dalam sebuah wawancara dengan Metro TV pada Selasa, 5 September 2023, Anies menjelaskan alasan pemilihannya terhadap Cak Imin. Dia menyatakan bahwa Surya Paloh, ketua Partai NasDem, mengusulkan nama Cak Imin sesuai dengan kriteria yang dia inginkan untuk calon wakil presiden.

“Ketika Pak Surya Paloh membawa nama ini (Cak Imin), secara obyektif ini menjawab situasi yang sedang kita hadapi. Tapi saya sampaikan, ‘Pak Surya Paloh ini kita sudah pembicaraan panjang dengan PKS dan Demokrat, jadi saya harus berbicara kepada mereka juga’,” ungkap Anies.

Anies menyebutkan beberapa kriteria yang menjadi pertimbangannya dalam memilih Cak Imin. Pertama, Cak Imin dianggap dapat membantu memenangkan pemilu dan pemilihan presiden dengan membawa basis pemilih yang berbeda. Kedua, dia diyakini dapat memperkuat koalisi yang ada, sehingga menambah kekuatan koalisi tersebut.

Ketiga, Anies menunjukkan bahwa Cak Imin memiliki pengalaman yang luas dalam pemerintahan. Dia pernah menjadi menteri, anggota DPR, wakil ketua DPR, dan wakil ketua MPR. Pengalaman ini dianggapnya sangat berharga dalam mengelola pemerintahan.

Selanjutnya, Anies melihat bahwa Cak Imin memiliki visi yang relevan terkait perubahan yang ingin dicapai. Terakhir, dia menekankan adanya “chemistry” atau ikatan yang kuat antara dirinya dan Cak Imin.

“Saya sudah berteman lama dengan Cak Imin. Saya sudah kenal lama dengan Gus Imin,” tambahnya.

Anies juga mengklarifikasi bahwa jika Surya Paloh memaksanya menerima calon wakil presiden yang tidak sesuai dengan kriterianya, dia akan menerima sebutan “petugas partai.” Namun, dia menegaskan bahwa keputusannya dalam memilih Cak Imin didasarkan pada pertimbangan yang matang sesuai dengan kriteria yang dia yakini akan membawa manfaat bagi pemilu dan pemerintahan.

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *