Cara Membuat Tulisan di TikTok Bersuara – Bikin video di TikTok bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pengguna smartphone. Video yang diunggah di TikTok bahkan bukan tidak mungkin menjadi viral sehingga membuat akun pengunggahnya tersebut mendapatkan banyak followers, like serta komentar. Membuat video di TikTok ini sendiri bahkan sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar pengguna.

Berbicara mengenai pembuatan video TikTok, ada salah satu tren yang cukup menarik untuk diikuti yakni membuat tulisan yang bersuara. Nantinya tulisan yang dimasukkan ke dalam video TikTok yang dibuat, akan diconvert menjadi suara sesuai dengan tulisannya tersebut. Meskipun mudah, namun tidak banyak pengguna yang tahu cara membuat tulisan di TikTok bersuara tersebut. Apakah Anda juga salah satunya? Kalau begitu Anda wajib membaca ulasan ini sampai selesai.

Fitur Text to Speech di TikTok untuk Membuat Tulisan Bersuara

Untuk membuat tulisan di TikTok menjadi suara, di sini Anda bisa memanfaatkan fitur yang bernama Text to Speech. Sejatinya Text to Speech merupakan fitur yang dihadirkan khusus bagi pengguna penyandang gangguan penglihatan dan membaca. Fitur ini akan membantu mereka tahu apa maksud dari tulisan yang ada.

Namun, di TikTok fitur Text to Speech ini bisa dijadikan fitur yang menarik dalam pembuatan konten video. Video yang dibuat jadi bersuara dengan ucapannya bisa kita buat sendiri, sehingga hasil videonya menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Fitur ini sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2020 lalu, namun hanya bisa diakses oleh sebagian besar pengguna di US. Akan tetapi, untuk sekarang ini pengguna di Indonesia pun sudah bisa menikmati fitur yang memudahkan pembuat konten dalam meriwayatkan videonya tersebut.

Cara Membuat Tulisan di TikTok Bersuara

Lalu, bagaimana cara untuk membuat tulisan yang bisa bersuara di TikTok tersebut? Sangat mudah dan simpel, bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara ini. Adapun langkah-langkah untuk membuat tulisan bersuara di TikTok selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi TikTok seperti biasa dan pastikan Anda sudah login menggunakan akun TikTok pribadi.
  2. Selanjutnya pada halaman Beranda TikTok, Anda klik tombol Tambah (+) untuk mulai membuat video. Rekam video dengan durasi sesuai keinginan dan klik Stop untuk mengakhirinya.
  3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pengeditan video. Pada halaman tersebut Anda klik pada opsi Text yang memiliki ikon Aa.
  4. Kemudian Anda ketik kalimat atau tulisan yang ingin diubah menjadi suara pada video nantinya. Lalu klik tombol Done yang ada di pojok kanan atas jika sudah.
  5. Untuk mulai mengubahnya menjadi suara, Anda klik pada tulisan yang dibuat tadi lalu pilih opsi Text to Speech.
  6. Dengan memilih opsi tersebut akan secara otomatis mengubah tulisan tadi menjadi suara. Sayangnya dalam hal ini kamu tidak bisa memilih jenis suara yang ingin digunakan, hanya suara bot default saja yang tersedia.
  7. Agar videonya semakin menarik, kamu juga bisa menambahkan efek atau filter pada video.
  8. Jika sudah, selanjutnya tinggal Anda posting video tersebut ke akun TikTok pribadimua. Kemudian share videonya ke platform media sosial lain agar lebih banyak orang yang menontonnya.

Itulah tadi cara membuat tulisan di TikTok bersuara yang paling mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga :

By Pakdhul

One thought on “Cara Membuat Tulisan di TikTok Bersuara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *