Cara Mengatasi HP Mati Sendiri – Sebagian besar masyarakat modern sudah tidak asing dengan yang namanya smartphone. Hampir semua kalangan sudah memilikinya, membuat smartphone semakin tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Berbagai brand terus menghadirkan tipe HP terbaru bahkan dengan banderol harga yang terjangkau.

Akan tetapi, yang namanya perangkat elektronik pasti ada kalanya mengalami masalah error atau kerusakan. Salah satunya yakni HP yang sering mati secara tiba-tiba dan tidak diketahui apa penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP mati sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Secara Tiba-tiba

HP yang mati secara tiba-tiba seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

  • Suhu HP terlalu panas atau overheat.
  • Menjalankan banyak aplikasi dan game dalam waktu bersamaan.
  • Memainkan HP sambil dicas.
  • Baterai HP bermasalah.
  • Virus atau malware.
  • Sistem android error atau crash.
  • Komponen hardware bermasalah atau rusak.

Dari beberapa penyebab HP mati sendiridi atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi HP mati sendiri secara tiba-tiba selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mendiamkan HP Selama Beberapa Waktu

Cara yang pertama bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah HP yang sering mati sendiri yakni dengan mengistirahatkannya. Matikan HP dan cabut semua komponen eksternal yang ada, seperti baterai, SIM Card, dan juga SD Card.

Anda bisa mendiamkan HP selama beberapa saat, setidaknya dalam waktu 30 menit hingga 1 jam. Jika dirasa sudah cukup, selanjutnya Anda pasang lagi komponan eksternal tadi dan hidupkan HP seperti biasa.

2. Menghapus Cache dan File Tersembunyi di HP

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan penghapusan pada file sampah atau file tersembunyi yang ada di memori HP. Untuk menghapusnya sendiri bisa dilakukan secara manual dan otomatis. Untuk penghapusan manual bisa Anda lakukan melalui Pengaturan >> Aplikasi.

Sementara untuk cara otomatis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti, Avast Cleanup, CCleaner, AVG Cleaner, Norton Cleaner, Ace Cleaner dan lain sebagainya.

3. Gunakan Antivirus

HP sering mati tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke sistem android. Cara terampuh untuk mengatasinya yakni dengan menggunakan aplikasi Antivirus. Aplikasi semacam ini akan membantu membersihkan virus dan malware yang ada di HP android.

Beberapa jenis aplikasi antivirus android terbaik yang bisa Anda gunakan di antaranya, Avast Mobile, AVG Antivirus, Norton Mobile Security, BitDefender Mobile Security, Kaspersky Security dan lain sebagainya.

4. Update OS Android

Mungkin saja di HP android milikmu masih menggunakan OS Android versi lama, sehingga sering mengalami error, termasuk HP yang mati sendiri. Segera cek apakah ada versi android terbaru yang tersedia dan siap diinstal. Caranya dengan masuk ke Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Unduh dan Instal.

Jika memang tersedia versi OS Android terbaru yang ditemukan, segera Anda download dan instal di perangkat android tersebut.

5. Reset HP Android

HP andorid yang sering mati sendiri bisa disebabkan oleh sistem yang mengalami crash atau corrupt. Cara terampuh untuk mengatasi masalah ini yakni dengan melakukan hard reset atau factory reset. Untuk cara melakukannya sendiri yakni:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Manajemen Umum.
  • Pilih Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.

6. Mengganti Baterai

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi HP mati sendiri bahkan tidak bisa dihidupkan yakni dengan mengganti baterainya. Mungkin baterainya tersebut mengalami kebocoran atau masalah lainnya sehingga tidak bisa berfungsi sempurna.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP mati sendiri secara tiba-tiba yang paling ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

By Pakdhul

One thought on “Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Secara Tiba-tiba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *