Kamera Tidak Bisa Dibuka di HP – Memotret tidak hanya bisa dilakukan menggunakan perangkat kamera saja. Melalui smartphone kita juga bisa memotret objek tertentu dengan hasil jepretan yang tidak kalah bagus. Bahkan beberapa tipe smartphone dibekali dengan fitur kamera terbaik yang membuat hasil foto atau videonya semakin berkualitas. Tidak heran banyak orang yang lebih memilih menggunakan perangkat smartphone untuk urusan fotografi tersebut.

Akan tetapi, terkadang fitur kamera di HP android mengalami masalah error sehingga tidak bisa digunakan. Masalah error seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Apapun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara kita untuk mengatasi kamera didak bisa dibuka di HP android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Bagi beberapa pengguna, khususnya mereka yang suka dengan aktivita fotografi, keberadaan kamera ini terbilang sangat penting. Adanya kamera membuat mereka lebih mudah mengabadikan berbagai momen, baik dalam bentuk foto maupun video. Jika kamera di HP mengalami error sehingga tidak bisa dibuka, tentunya ini akan mengganggu kenyamanan mereka.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kamera tidak bisa dibuka di HP android bisa diterapkan, di antaranya:

1. Restart HP Android

Semua pengguna android pastinya sudah sangat paham mengenai cara restart HP android, jadi tidak perlu dibahas lebih mendalam. Yang pasti cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error di HP, termasuk aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka.

Melakukan restart HP juga secara otomatis akan menghapus semua file cache atau sampah yang tersimpan di RAM. Hal ini akan memberikan dampak terhadap performa kinerja HP yang lebih meningkat.

2. Menghapus File Cache Kamera

File cache merupakan file data sistem yang tersimpan di memori dan berfungsi untuk mempercepat loading aplikasi saat dibuka di momen kedua dan seterusnya. Akan tetapi, file cache yang menumpuk dan dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan error.

Untuk itu, Anda perlu menghapus file cache kamera tersebut agar kamera di HP bisa berfungsi secara normal kembali. Untuk melakukan penghapusan file cache aplikasi kamera di android, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Kemudian Anda masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.

3. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Selain file cache, file data aplikasi juga sering kali menyebabkan aplikasi kamera error sehingga tidak bisa dibuka. Untuk melakukan penghapusan file data di kamera ini sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Anda cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Kemudian klik tombol Force Close atau Paksa Berhenti.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu pilih tombol Hapus Data.

4. Update OS Android

Kamera yang tidak bisa diakses di HP android ini mungkin juga disebabkan oleh OS Android yang digunakan sudah tidak kompatibel. Anda perlu mengupdatenya ke versi terbaru agar masalah error semacam ini bisa diatasi.

Untuk melakukan update OS Android di HP android tersebut, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Unduh dan Instal. Jika memang tersedia versi terbaru, maka Anda lakukan download dan instal versi OS Android baru tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera tidak bisa dibuka di HP android yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

By Pakdhul

One thought on “Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di HP Android”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *