Cara Video Call WA di Laptop – WhatsApp merupakan aplikasi chatting online yang aman karena menggunakan konsep end-to-end. Hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membaca dan mengetahui chat yang dikirimkan. Selain untuk chatting, aplikasi WhatsApp juga menyediakan fitur untuk melakukan panggilan, baik itu panggilan suara dan panggilan video. Anda hanya perlu menyambungkan perangkat mobile ke jaringan internet agar bisa menikmati fitur dari WhatsApp tersebut.

Kita tahu aplikasi WhatsApp hanya hadir untuk perangkat mobile saja. Nyatanya, baru-baru ini WhatsApp juga menghadirkan aplikasi khusus untuk perangkat PC atau laptop. Anda memungkinkan untuk mengakses WhatsApp di OS Windows maupun MacOS. Sama seperti di versi mobile, WhatsApp di laptop ini juga bisa Anda gunakan untuk chatting dan melakukan panggilan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara video call WA di laptop yang bisa coba Anda terapkan.

Cara Video Call WA di Laptop atau PC yang Mudah

Sebelumnya untuk bisa mengakses WhatsApp dari perangkat PC atau laptop, kita bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Web. Akan tetapi, di WhatsApp Web kita hanya bisa melakukan chatting saja, tidak bisa melakukan video call atau telepon.

Selain itu, alternatif lainnya untuk bisa mengakses WhatsApp lewat PC atau laptop yakni dengan menggunakan emulator android. Di emulator tersebut kita bisa memasang aplikasi WhatsApp versi android. Kemudian menggunakannya seperti layaknya WhatsApp di HP android pada umumnya. Akan tetapi, cara ini dianggap terlalu ribet dan butuh laptop berspek tinggi agar lancar menjalankan emulator android tersebut.

Kabar baiknya sekarang WhatsApp sudah menghadirkan aplikasi WhatsApp khusus untuk perangkat PC atau laptop. Hanya saja, aplikasi WhatsApp ini hanya bisa digunakan pada laptop yang mengadopsi Windows 10 ke atas dan MacOS 10 ke atas. Anda juga bisa melakukan video call melalui WhatsApp di Windows atau MacOS ini.

Adapun cara video call WA di laptop Windows dan MacOS selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda download dan instal aplikasi WhatsApp Desktop untuk Windows atau MacOS.
  2. Jalankan aplikasi WhatsApp tersebut seperti biasa. Anda perlu menghubungkan WhatsApp Desktop dengan WhatsApp versi Mobile.
  3. Pada tampilan akun WhatsApp Desktop, Anda tinggal cari kontak yang ingin ditelepon atau video call.
  4. Nantinya akan ditampilkan kontak layar pop up dari kontak yang dipilih. Untuk melakukan panggilan video, Anda tinggal klik ikon Video Call yang ada di sebelah kiri icon Microphone.
  5. Tunggu sampai kontak tersebut mengangkat panggilan video yang Anda lakukan.

Sama seperti di WhatsApp versi mobile, aplikasi WhatsApp Desktop ini juga menggunakan enkripsi end-to-end sehingga pihak WhatsApp tidak akan bisa melihat riwayat chat dan panggilan yang Anda lakukan. Pastikan Anda menggunakan versi WhatsApp Desktop terbaru agar bisa mengakses fitur Panggilan Suara dan Panggilan Video ini.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan panggilan video di WhatsApp laptop, yakni pastikan fitur kamera, mikrofon dan audio dari laptop berfungsi secara normal. Jika tidak, tentunya aktivitas video call WhatsApp tersebut tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal.

Saat ini fitur Panggilan Suara dan Panggilan Video di WhatsApp Desktop hanya bisa dilakukan per individu saja. Mungkin kedepannya WhatsApp akan mengembangkan lagi fitur ini sehingga bisa digunakan untuk melakukan panggilan grup.

Itulah tadi cara video call WA di laptop yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

BACA JUGA :

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *