Tidak hanya akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang mengagumkan, mendaki gunung juga dipercaya bisa membentuk fisik dan mental yang lebih kuat menjalani hidup. Nah, kalau kamu baru akan berniat melakukan sebuah perjalanan pendakian, sebaiknya pilihlah gunung dengan ketinggian dibawah 3,000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu curam.

Lalu bagaimana dengan pendaki pemula? Tentu banyak alternatif untuk memulai. Indonesia merupakan negeri dengan ribuan gunung. Berikut destinasi wisata pendakian gunung yang pas untuk pemula

Berikut ini rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Barat yang bisa kamu jadikan referensi.

1.Gunung Ciremai

Gunung yang berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki ketinggian 3.078 Mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Nama gunung ini berasal dari kata cereme (Phyllanthus acidus, sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rasa masam), namun sering kali disebut Ciremai, suatu gejala hiperkorek akibat banyaknya nama tempat di wilayah Pasundan yang menggunakan awalan ‘ci-‘ untuk penamaan tempat.

Terdapat 3 jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mencapai titik tertinggi dari gunung ini. Jalur pertama dari Majalengka, jalur kedua dari Palutungan dan yang terakhir melalui Linggarjati. Tiap-tiap jalur menyimpan sensasi tersendiri bagi para pendaki. Namun yang paling banyak dilewati yaitu Jalur Linggarjati, memiliki jalur yang berat dan terjal, sehingga menantang bagi para pendaki.

2.Gunung Gede

Gunung Gede merupakan sebuah gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 2.958 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Karena menjadi langganan para pendaki, di berlakukan sistem booking 3 sampai 30 hari sebelum pendakian. Jumlah pendaki pun dibatasi untuk meminimalkan kerusakan ekositem yang terjadi akibat ulah yang disengaja maupun tidak dari pada pendaki. 300 pendaki bagi yang melalui jalur Cibodas, 200 pendaki yang melewati jalur Gunung Putri, dan 100 bagi yang melewati jalur Selabintana.

3.Gunung Papandayan

Gunung Papandayan yang terletak di Kecamatan Cisurupan dengan ketinggian 2.665 Mdpl merupakan salah satu gunung terfavorit bagi kalangan pendaki. Gunung ini memiliki empat buah kawah besar sebelum letusan yang terjadi pada tahun 2002. Setelah letusan terjadi, ke empat kawah tersebut bergabung menjadi sebuah kawah yang cukup besar dan bisa kita liat dari kejauhan.

Daya tarik Wisata Beberapa lokasi yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan di antaranya: • Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. • Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah. • Blok Sumber Air Panas Letaknya di perbatasan Blok Cigenah, sumber air panas ini mengandung belerang dan berhasiat dalam penyembuhan penyakit kulit terutama gatal-gatal. Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan: 1. Menikmati keindahan dan keunikan alam 2. Lintas alam 3. Berkemah 4. Memotret 5. Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.

4.Gunung Cikurai

Gunung yang terletak di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.818 Mdpl. Untuk mencapai gunung ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, tetapi terbatasnya transportasi yang bisa mengantarkan ke titik pendakian membuat biaya menjadi membengkak. Oleh karena itu menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek merupakan pilihan yang paling bijak.

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Desa Dangiang, Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung). Keempat jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur Desa Dangiang adalah jalur yang landai dan terdapt sumber air juga Sinyal HP, sehingga dapat cepat sampai menuju puncak.

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *