Sedang viral kecerdasan buatan alias AI/Artificial Intelligence yang tengah ramai diperbincangkan. Sebenarnya apa itu ChatGPT?

Apa itu ChatGPT?

Platform yang dirilis oleh OpenAI, ChatGPT merupakan sebuah perangkat lunak berupa bahasa generatif yang menggunakan teknologi untuk memprediksi kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan atau perintah sebuah teks. Sederhananya, ChatGPT adalah chatbot, sebuah program komputer yang berupa robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia.

Meski masih berupa prototipe, namun chatbot AI berbasis dialog ini dianggap mampu menanggapi bahasa alami manusia dan meresponnya secara otomotis. Bahkan, platform ini dianggap dapat menggantikan Google karena bisa menjawab masalah apa saja, loh!

ChatGPT dari OpenAI ini dapat menjawab berbagai pertanyaan yang sulit dengan jawaban yang komprehensif. Maka dari itu ChatGPT mempunyai kecerdasan yang luar biasa dibandingkan dengan chatbot yang lainnya.

ChatGPT adalah sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI yang dapat digunakan untuk menyimulasikan percakapan manusia dengan cara yang natural. Model ini dilatih dengan menggunakan dataset yang sangat besar, yang terdiri dari percakapan manusia yang telah ditulis. Dengan mempelajari percakapan ini, ChatGPT dapat memperoleh pemahaman tentang struktur bahasa dan cara orang berkomunikasi secara natural.

Setelah dilatih, ChatGPT dapat digunakan untuk memulai percakapan dengan orang lain dan menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya dengan cara yang natural. ChatGPT dapat memahami inti pertanyaan yang diajukan kepadanya dan menggunakan pengetahuan yang telah dipelajarinya untuk memberikan jawaban yang tepat. Selain itu, ChatGPT juga dapat memahami konteks percakapan dan menggunakannya untuk memberikan jawaban yang tepat.

Model bahasa seperti ChatGPT dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti membantu dalam pembuatan aplikasi obrolan atau chatbot, atau meningkatkan kemampuan komputer untuk memahami dan menggunakan bahasa manusia secara natural.

Apa Itu OpenAI ?

OpenAI adalah sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pembelajaran mesin dan teknologi AI. Mereka mengembangkan berbagai macam proyek yang berhubungan dengan pembelajaran mesin dan AI, termasuk model bahasa seperti saya. Selain itu, OpenAI juga mengembangkan proyek-proyek lain yang berkaitan dengan AI, seperti:

  1. Sistem pembelajaran mesin yang dapat mempelajari tugas-tugas yang kompleks secara otomatis
  2. Algoritma yang dapat memprediksi hasil dari pertandingan e-sport
  3. Model-model AI yang dapat memahami dan menyimulasikan perilaku manusia dengan baik
  4. Alat-alat yang dapat membantu peneliti dan engineer dalam proses pengembangan AI

OpenAI juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi-teknologi yang berhubungan dengan AI dan pembelajaran mesin. Mereka bekerja sama dengan berbagai institusi penelitian dan perusahaan untuk mengembangkan teknologi-teknologi terbaru yang dapat membantu orang-orang dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?

Cara memakai ChatGPT sangat mudah, kamu tinggal mengetik teks yang kamu inginkan, lalu secara otomatis akan muncul informasi yang kamu butuhkan. Sebelum dapat menggunakan ChatGPT, perlu diketahui bahwa kamu harus memiliki akun. Jadi apabila kamu belum memiliki akun, maka harus mendaftar terlebih dahulu. Cara mendaftarnya yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman openai.com
  2. Login dengan mudah melalui akun Google atau Microsoft.
  3. Masukkan nomor telepon. Namun perlu diingat, kamu tidak dapat menggunakan nomor telepon virtual (VoIP) untuk mendaftar OpenAI.
  4. Nantinya kamu akan menerima nomor konfirmasi, lalu masukan nomor tersebut ke halaman pendaftaran.
  5. Setelah memiliki akunnya, kamu bisa langsung login.

Nah, itulah informasi mengenai ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.

By Pakdhul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *