Panduan Lengkap Cara Beriklan Di Goggle Ads

Google Ads adalah platform iklan online yang dimiliki oleh Google. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat iklan yang akan ditampilkan di hasil pencarian Google atau di situs web yang menjadi bagian dari jaringan iklan Google. Pengguna dapat menargetkan iklan ke audiens yang spesifik berdasarkan kata kunci, lokasi, demografi, dan banyak faktor lainnya.

Google Ads memungkinkan pengguna untuk mengelola campuran iklan mereka, menentukan berapa banyak yang ingin mereka habiskan untuk iklan mereka, dan mengukur hasil iklan mereka melalui laporan yang disediakan oleh platform. Platform ini juga menyediakan berbagai alat dan fitur yang membantu pengguna meningkatkan efektivitas iklan mereka, seperti alat analitis dan opsi targeting yang lebih spesifik.

Google Ads banyak digunakan oleh perusahaan dan bisnis kecil untuk meningkatkan visibilitas mereka di internet dan menarik lebih banyak pelanggan potensial. Iklan yang ditampilkan di platform ini biasanya muncul di hasil pencarian Google atau di situs web yang menjadi bagian dari jaringan iklan Google, seperti YouTube dan situs web lainnya yang menampilkan iklan Google.

Cara Membuat Acout Gogle Ads
Untuk membuat akun Google Ads, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka situs web Google Ads di https://ads.google.com/.
Klik tombol “Mulai Sekarang” di halaman utama.

Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google yang sudah ada atau untuk membuat akun baru. Jika Anda belum memiliki akun Google, klik tombol “Buat Akun Gratis” dan ikuti instruksi untuk membuat akun baru.

Setelah masuk dengan akun Google Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi tentang bisnis Anda, termasuk nama bisnis, alamat, dan informasi kontak. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta dengan benar, karena ini akan digunakan untuk membuat iklan Anda.

Setelah selesai memasukkan informasi bisnis, Anda akan diminta untuk membuat campuran iklan pertama Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi tentang apa yang ingin Anda iklankan, di mana Anda ingin menampilkan iklan Anda, dan berapa banyak yang ingin Anda habiskan untuk iklan Anda.

Setelah selesai memasukkan informasi campuran iklan, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pembayaran. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan, kemudian masukkan informasi pembayaran yang diperlukan.

Setelah selesai memasukkan informasi pembayaran, klik tombol “Lanjutkan ke Google Ads” untuk menyelesaikan pembuatan akun.

Sekarang Anda sudah memiliki akun Google Ads dan dapat mulai membuat iklan dan mengelola campuran iklan Anda. Ingat untuk selalu memantau hasil iklan Anda dan menyesuaikan strategi iklan Anda sesuai dengan hasil yang Anda lihat.

Teknik Optimasi Google Ads
Pilih kata kunci yang tepat: Pastikan untuk memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan yang juga banyak dicari oleh audiens yang Anda targetkan.

Gunakan negasi kata kunci: Negasi kata kunci memungkinkan Anda untuk membatasi penayangan iklan Anda kepada pengguna yang tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu, Anda dapat menggunakan negasi kata kunci “gratis” untuk mencegah iklan Anda ditampilkan kepada pengguna yang sedang mencari sepatu gratis.

Gunakan opsi targeting yang lebih spesifik: Google Ads menyediakan berbagai opsi targeting yang memungkinkan Anda untuk menentukan di mana dan kepada siapa iklan Anda ditampilkan. Misalnya, Anda dapat menargetkan iklan kepada pengguna yang berada di wilayah geografis tertentu, atau kepada pengguna dengan minat tertentu.

Sesuaikan iklan Anda sesuai dengan audiens: Pastikan untuk menyesuaikan iklan Anda sesuai dengan audiens yang Anda targetkan. Misalnya, jika Anda menargetkan iklan kepada orang tua, pastikan untuk menggunakan bahasa yang lebih sopan dan menghindari jargon yang mungkin tidak diketahui oleh audiens tersebut.

Sesuaikan landing page dengan iklan: Pastikan untuk menyesuaikan landing page (halaman tujuan) Anda sesuai dengan iklan yang Anda pasang. Hal ini akan membantu meningkatkan tingkat konversi Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi audiens Anda.

Analisis dan sesuaikan campuran iklan secara teratur: Gunakan laporan yang disediakan oleh Google Ads untuk menganalisis hasil iklan Anda secara teratur dan sesuaikan campuran iklan Anda sesuai dengan hasil yang Anda lihat. Misalnya, jika salah satu iklan Anda tidak menghasilkan banyak klik, mungkin perlu untuk menyesuaikan iklan tersebut atau menghentikannya sementara waktu.

Cara Meriset Audiens
Untuk melakukan riset audiens untuk iklan Google Ads, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

Gunakan fitur Audiens di Google Ads: Google Ads menyediakan fitur Audiens yang memungkinkan Anda untuk membuat audiens sasaran berdasarkan informasi demografis, minat, dan perilaku pengguna. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat audiens sasaran yang spesifik sesuai dengan tujuan iklan Anda.

Analisis data pelanggan yang sudah ada: Jika Anda sudah memiliki data pelanggan yang valid, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan riset audiens. Analisis data pelanggan ini dapat memberikan informasi tentang demografi, minat, dan perilaku pelanggan Anda, yang dapat digunakan untuk membuat audiens sasaran yang lebih spesifik untuk iklan Google Ads Anda.

Gunakan alat riset audiens lainnya: Selain fitur Audiens di Google Ads, terdapat juga alat riset audiens lain yang dapat digunakan untuk melakukan riset audiens. Beberapa contohnya adalah Google Analytics, Facebook Audience Insights, dan alat riset audiens lainnya. Alat-alat ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang demografi, minat, dan perilaku audiens yang dapat Anda targetkan dengan iklan Google Ads Anda.

Gunakan survei atau tes: Anda juga dapat menggunakan survei atau tes untuk mengumpulkan informasi tentang audiens yang ingin Anda targetkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Forms atau SurveyMonkey untuk mengirim survei kepada audiens yang terpilih, atau menggunakan alat tes online seperti Qualtrics atau SurveyGizmo untuk mengumpulkan data yang lebih detail tentang audiens Anda.

Gunakan fitur riset kata kunci di Google Ads: Fitur riset kata kunci di Google Ads juga dapat digunakan untuk melakukan riset audiens. Fitur ini dapat memberikan informasi tentang kata kunci yang sering dicari oleh audiens yang Anda targetkan, sehingga Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut dalam iklan Google Ads Anda.

Cara Meriset kata kunci
Untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

Gunakan fitur riset kata kunci di Google Ads: Google Ads menyediakan fitur riset kata kunci yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang sering dicari oleh pengguna. Anda dapat memasukkan kata kunci yang Anda pikir mungkin relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, kemudian fitur ini akan memberikan daftar kata kunci yang sering dicari oleh pengguna yang terkait dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Gunakan alat riset kata kunci lain: Selain fitur riset kata kunci di Google Ads, terdapat juga alat riset kata kunci lain yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang sering dicari oleh pengguna. Beberapa contohnya adalah Google Keyword Planner, SEMrush, dan Ahrefs. Alat-alat ini dapat memberikan informasi yang lebih detail tentang kata kunci yang sering dicari oleh pengguna, seperti volume pencarian, tingkat persaingan, dan harga iklan.

Analisis situs web kompetitor: Anda juga dapat menganalisis situs web kompetitor untuk melihat kata kunci yang mereka gunakan dalam konten mereka. Anda dapat menggunakan alat seperti Ahrefs atau SEMrush untuk menganalisis situs web kompetitor dan melihat kata kunci yang mereka gunakan dalam konten mereka.

Gunakan brainstorming dan riset online: Anda juga dapat melakukan brainstorming sendiri atau melakukan riset online untuk mencari kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Carilah di forum atau situs web yang terkait dengan produk atau layanan Anda, atau gunakan mesin pencari untuk melihat apa yang sering dicari oleh pengguna yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

Gunakan tools suggestion kata kunci: Anda juga dapat menggunakan tools suggestion kata kunci seperti Answer the Public, Keywordtool.io, atau Ubersuggest untuk mencari ide kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *