Jika kamu melihat dari jumlah dan siapa saja pengguna TikTok, Apakah menurut kamu dengan beriklan di TikTok akan mendapatkan banyak kelebihan? Mungkin kamu sadar jika Beriklan di TikTok memiliki peluang yang cukup tinggi untuk melakukan pemasaran.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok membuka peluang baru yang megah bagi para pengiklan. TikTok tidak hanya unggul dari Snapchat atau Twitter dalam hal popularitas, tetapi juga memiliki tayangan iklan yang lebih baik dibandingkan platform lama itu. Aplikasi yang digunakan pengguna untuk berbagi video pendek berdurasi 15-60 detik ini benar-benar mengguncang dunia pemasaran dengan viralitas yang belum pernah terjadi sebelumnya

Bahkan Pada awal 2019 peluncuran fitur beta periklanan TikTok sudah banyak orang menggunakannya. Sejak saat itu, beberapa brand besar seperti Grubhub, Nike, Fenty Beauty, dan Apple Music mulai beriklan di TikTok untuk mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual.

Dengan fitur penargetan canggih dan unik pembuatan iklan, Platform Iklan TikTok tidak seperti banyak pendahulunya. Ketika digunakan secara efektif, ini dapat membantu Anda memasuki salah satu kelompok pengguna yang paling menguntungkan.

Saat ini terdapat beberapa opsi pilihan iklan, Namun ini hanya tersedia di beberapa negara-negara tertentu dan memiliki label harga yang ketat. Iklan TikTok terdiri dari beberapa jenis, termasuk:

Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand
Namun sebelum mulai beriklan di TikTok, Sebaiknya tanyakan pada diri kamu apakah platform iklan ini tepat untuk bisnis kamu, Karena tidak semua bisnis cocok untuk beriklan di TikTok. Jika kamu sudah menyiapkan biaya untuk beriklan, Yuk ketahui panduan dan cara bagaimana kamu memanfaatkan TikTok untuk social media marketing kamu.

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok

  1. Buat Akun Iklan TiktTok
    Jika kamu belum mempunyai akun periklanan TikTok, Kamu bisa mendaftar akun TikTok ads terlebih dahulu. Akun inilah yang nantinya kamu gunakan untuk mengelola dan mengatur iklan kita kamu. Tak perlu khawatir kesulitan untuk mulai mendaftar, Karena cara daftarnya pun sangat mudah.

Kamu juga cukup mengisi detail informasi sesuai yang diminta untuk persyaratan mendaftar akun untuk digunakan untuk beriklan nantinya. Setelah selesai mendaftar, Kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

  1. Buat TikTok Ad Campaign
    Pada dashboard Iklan TikTok kamu, klik tab Kampanye di bagian atas halaman, Kemudian klik tombol Buat. Selanjutnya, pilih tujuan kampanye (briklan), yang merupakan tujuan utama kamu beriklan di tiktok.

Terdapat tiga pilihan opsi yang bisa kamu pilih: Lalu Lintas, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi.

Untuk menetapkan anggaran Anda di tingkat kampanye, pilih opsi Anggaran Harian atau Total Anggaran di bawah Pengaturan. Yang perlu kamu perhatikan adalah untuk beriklan kamu harus menyiapkan anggaran harian dengan total anggaran minimal harus $ 500.

  1. Setting Placement, Detail, dan Target Iklan TikTok
    Salah satu kelebihan beriklan di TikTok Ads adalah kamu bisa menjalankan iklan bukan hanya di satu platform, Melainkan dibeberapa platform lain yang bermitra dengan TikTok. Misalnya Vigo Video yang hanya tersedia di India, Buzz Video, News Republic, dan beberapa platform lainnya.

Untuk penempatan iklan. Kamu bisa membuatnya secara otomatis dan nantinya TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya iklan kamu dimunculkan sebaik mungkin pada platform terbaik untuk iklan yang kamu jalankan. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang tidak tahu harus ditempatkan dimana atau tidak punya waktu lebih untuk mengatur placement iklan.

Setelah itu, Untuk menjalankan iklan, Kamu diharuskan untuk memasukkan semua detail mengenai iklan kamu. Pastikan masukan kata kunci yang sesuai dengan target dan paling relevan agar TikTok dapat membantu kamu dalam menemukan audiens yang paling tepat untuk jenis iklan yang Anda buat.

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *