Pariwisata menjadi salah satu andalan kota Bogor. Bukan hanya terkenal sebagai kota hujan, kota ini juga menawarkan berbagai objek wisata. Apa saja tempat wisata di Bogor yang murah yang bisa kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Pulau Di Jakarta

Dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi, wajar saja bila Bogor mendapatkan anugerah pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Berikut ini daftar berbagai tempat wisata Bogor murah meriah 2024.

1.Curug Cibaliung: Keindahan Alam yang Mempesona

Curug Cibaliung tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau dengan airnya yang kebiruan dan jernih, tetapi juga menyajikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan bagi para pengunjung. Saat berada di sini, Anda akan merasakan sejuknya udara pegunungan Bogor yang khas dan dapat bersantai sambil menikmati suara gemericik air terjun yang menenangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera karena pemandangan di sekitar Curug Cibaliung sangatlah instagramable, cocok untuk diabadikan sebagai kenang-kenangan dari liburan Anda di Bogor.

Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp15.000

2.Telaga Malimping: Petualangan Seru di Air Terbuka

Telaga Malimping tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai di tepi danau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya, tetapi juga merupakan tempat yang ideal untuk petualangan seru di air terbuka. Aktivitas seperti banana boat, kayak, atau sekadar berenang di telaga ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda dan keluarga. Selain itu, suasana damai dan tenang di sekitar Telaga Malimping membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Lokasi: Desa Ciader, Cigombong, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp2.500

3.Taman Wisata Alam Gunung Pancar: Kesejukan Suasana Pegunungan

Berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar bukan hanya tentang menikmati keindahan hutan pinus yang menyejukkan mata, tetapi juga tentang mengeksplorasi keberagaman flora dan fauna di Bogor. Tersedia berbagai jalur trekking dan hiking yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi lebih dalam ke dalam alam pegunungan. Selain itu, area picnic yang disediakan juga cocok untuk acara berkumpul bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
Jam operasional: 07.00 – 19.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp5.000

4.Museum Etnobotani: Jendela Budaya dan Tumbuhan

Museum Etnobotani tidak hanya menyajikan koleksi tumbuhan dan artefak budaya yang berharga, tetapi juga menjadi tempat yang edukatif dan informatif bagi pengunjung yang ingin menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan kebudayaan Indonesia. Dengan mengunjungi museum ini, Anda akan diajak untuk menjelajahi sejarah etnografi Indonesia dan memahami peran penting tumbuhan dalam kehidupan manusia. Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dan mengapresiasi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh negeri ini.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Paledang, Bogor
Jam operasional: 08.00-16.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp5.000

5.Warso Farm: Pelajaran tentang Buah-Buahan Lokal

Warso Farm bukan hanya sekadar kebun buah biasa, tetapi juga merupakan pusat pembelajaran tentang berbagai jenis buah-buahan lokal Indonesia. Di sini, Anda dapat mengenal lebih dekat tentang proses budidaya, pemeliharaan, dan manfaat dari buah-buahan seperti durian dan buah naga. Selain itu, Anda juga dapat membeli produk-produk olahan buah segar yang langsung diproduksi di kebun ini, memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan autentik.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Biaya: gratis

6.Taman Wisata Matahari: Hiburan Komprehensif di Puncak

Taman Wisata Matahari tidak hanya menawarkan wahana waterpark yang seru dan menantang, tetapi juga menyediakan berbagai aktivitas outbound yang cocok untuk semua usia. Anda dapat menikmati serunya bermain air di waterpark, menjajal keberanian dengan rafting, atau sekadar bersantai di area taman yang hijau dan asri. Jangan lupa untuk mencicipi makanan lezat yang tersedia di berbagai restoran dan kafe di dalam kompleks wisata ini. Keseruan dan kepuasan liburan Anda di Taman Wisata Matahari akan membuat Anda ingin kembali lagi di lain waktu.

Lokasi: Jalan Raya Puncak km 77, Cilember, Cisarua, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp60.000

7.Taman Fathan Alesano: Santai dengan Pemandangan Gunung Salak

Menikmati santai sambil menikmati pemandangan indah Gunung Salak adalah pengalaman yang dapat Anda rasakan di Taman Fathan Alesano. Tempat ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang menenangkan, tetapi juga memiliki berbagai spot foto yang instagramable untuk Anda abadikan. Berbagai fasilitas hiburan dan kuliner yang ditawarkan juga akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Lokasi: Cijeruk, Bogor
Jam operasional: 10.00 – 19.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp5.000

8.Air Panas Tirta Sanita Ciseeng: Kesehatan dan Relaksasi

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah tempat yang sempurna untuk merasakan manfaat kesehatan dari air panas belerang. Berendam di sini akan membantu meredakan stres dan ketegangan otot, serta meningkatkan peredaran darah dan metabolisme tubuh. Selain itu, suasana alam yang tenang dan sejuk di sekitar area pemandian juga akan memberikan rasa relaksasi yang mendalam bagi Anda yang mencari ketenangan dan kesehatan tubuh secara alami.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bogor
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp10.000

9.Istana Bogor: Sejarah Kepresidenan Indonesia

Istana Bogor bukan hanya merupakan simbol kemegahan kepresidenan Indonesia, tetapi juga menjadi bagian penting dari sejarah dan budaya negara ini. Dengan mengunjungi Istana Bogor, Anda akan diajak untuk menjelajahi ruang-ruang bersejarah dan melihat langsung bagian dari kehidupan para pemimpin Indonesia. Selain itu, taman yang indah di sekitar istana juga menjadi tempat yang ideal untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati udara segar Bogor.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.1, Paledang, Bogor
Jam operasional: 09.00 – 14.00 WIB
Biaya: gratis

10.Situ Gede: Memancing dan Menikmati Pemandangan

Situ Gede merupakan destinasi yang sempurna bagi para penggemar aktivitas memancing. Selain itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan air dan vegetasi sekitarnya. Anda dapat menghabiskan waktu dengan tenang sambil menikmati keindahan alam Bogor yang memesona.

Lokasi: Situgede, Bogor Barat, Bogor
Jam operasional: 24 jam
Biaya: mulai dari Rp10.000

11.Kebun Raya Bogor: Surga bagi Pecinta Flora

Kebun Raya Bogor tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi tempat yang diakui secara internasional sebagai kebun raya yang memiliki koleksi flora terlengkap di Asia Tenggara. Dengan mencakup ribuan spesies tumbuhan dari berbagai belahan dunia, kebun raya ini menjadi surga bagi pecinta flora dan tempat yang ideal untuk belajar dan mengapresiasi keanekaragaman hayati.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp15.000

12.Taman Rekreasi dan Buah Mekarsari: Menikmati Buah-Buahan Lokal

Mekarsari bukan hanya taman rekreasi biasa, tetapi juga menjadi pusat promosi dan edukasi tentang keanekaragaman buah-buahan lokal Indonesia. Dengan menjelajahi area taman dan kebun buahnya, Anda dapat menemukan berbagai jenis buah dari berbagai wilayah Indonesia dan mengenal lebih dekat proses budidaya serta manfaat dari buah-buahan tersebut.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi, Mekarsari, Bogor
Jam operasional: 09.00 – 16.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp35.000

13.Cibalung Happy Land: Rekreasi Seru untuk Keluarga

Cibalung Happy Land adalah tempat rekreasi air yang menawarkan berbagai fasilitas seru untuk seluruh keluarga. Mulai dari rafting, outbound, hingga kolam renang, tempat ini memastikan setiap anggota keluarga mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan berkesan. Selain itu, suasana alam yang asri di sekitar tempat ini juga menambah nilai plus bagi pengunjung.

Lokasi: Cibalung, Cijeruk, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp25.000

14.Curug Bidadari Sentul: Pesona Air Terjun di Hutan Lindung

Dikenal sebagai Curug Bidadari Sentul Paradise, tempat ini menawarkan pesona air terjun yang alami dan memukau yang berasal dari hutan lindung di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus merasakan kesejukan air terjun yang segar. Perjalanan menuju curug ini juga akan memberikan pengalaman petualangan yang seru di tengah keasrian alam.

Lokasi: Jalan Sentul Paradise Park, Babakan Madang, Bogor
Jam operasional: 06.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp25.000

15.Museum Zoologi Bogor: Jendela Dunia Binatang

Museum Zoologi Bogor menjadi tempat yang ideal bagi penggemar hewan dan ilmu pengetahuan alam. Dengan koleksi binatang yang lengkap, Anda dapat belajar tentang beragam spesies hewan yang ada di Indonesia dan menjelajahi dunia fauna dari berbagai habitat. Kunjungan ke museum ini juga dapat menjadi pengalaman edukatif yang menarik untuk semua usia.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda No.9, Bogor Tengah, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 15.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp15.000

16.Kampung Budaya Sindang Barang: Menyelami Sejarah dan Budaya Sunda

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya masyarakat Sunda dan peninggalan sejarah Kerajaan Pajajaran, Kampung Budaya Sindang Barang adalah tempat yang tepat. Dengan berbagai pameran dan atraksi budaya, Anda dapat menyelami kehidupan tradisional Sunda dan mengagumi keindahan arsitektur serta seni budaya yang khas.

Lokasi: Pasireurih, Tamansari, Bogor
Jam operasional: 09.00 – 16.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp150.000

17.Gunung Batu Jonggol: Petualangan Mendaki dengan Pemandangan Luar Biasa

Gunung Batu Jonggol adalah destinasi favorit bagi para pendaki dan pecinta alam. Dengan jalur hiking yang terkelola dengan baik, Anda dapat menikmati petualangan mendaki yang menantang serta menikmati pemandangan spektakuler Gunung Pancar dan Kota Bogor dari ketinggian.

Lokasi: Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor
Jam operasional: 24 jam
Biaya: mulai dari Rp15.000

18. Air Panas Ciparay: Relaksasi dan Kesehatan dengan Air Belerang

Pemandian Air Panas Ciparay merupakan tempat yang cocok untuk merilekskan tubuh dan merawat kesehatan dengan air belerang yang berkhasiat. Proses berendam di air panas ini diyakini dapat membantu mengurangi berbagai masalah kesehatan seperti nyeri otot, radang sendi, dan lainnya.

Lokasi: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp10.000

19.Danau Quarry Rumpin Bogor atau Danau Jayamix Rumpin

Danau Quarry Rumpin Bogor menawarkan keindahan alam yang ajaib dengan warna airnya yang kehijauan dan pemandangan tebing batu yang megah. Saat berada di sini, Anda akan merasakan kedamaian dan keindahan alam yang luar biasa, cocok untuk bersantai atau sekadar menikmati keindahan alam Bogor yang memesona.

Lokasi: Kampung Nuggaherang, Cigudeg, Bogor,
Jam operasional: 24 jam
Biaya: gratis

20.Curug Ciburial: Kesejukan Air Terjun dan Kolam Renang Alami

Curug Ciburial tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang mempesona, tetapi juga memiliki kolam renang alami yang terbentuk secara alami. Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun dan berenang di kolam yang jernih, menciptakan pengalaman liburan yang menyegarkan dan menghibur.

Lokasi: Jalan Gunung Wangun Kampung Cibereum, Sukamakmur, Bogor
Jam operasional 07.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp20.000

21.Rafting Cisadane Bogor: Petualangan Seru di Arus Jeram

Bagi penggemar petualangan air yang menantang, Rafting Cisadane Bogor adalah pilihan yang tepat. Dengan arus jeram yang menantang sepanjang perjalanan, Anda akan mendapatkan pengalaman seru dan mendebarkan sambil menikmati keindahan alam sungai Cisadane.

Lokasi: Jalan Raya Sukabumi, Caringin, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp185.000

22.Penangkaran Rusa Cariu: Interaksi Langsung dengan Rusa

Penangkaran Rusa Cariu bukan hanya tempat rekreasi yang menyenangkan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan rusa peliharaan. Anda dapat memberi makan, mengamati, dan berfoto bersama rusa-rusa yang lucu dan ramah di tempat ini.

Lokasi: Buana Jaya, Tanjungsari, Bogor
Jam operasional: 07.00 – 18.00 WIB
Tiket masuk: mulai dari Rp20.000

23.Telaga Warna: Keajaiban Alam yang Mengagumkan

Telaga Warna di Bogor menawarkan keajaiban alam yang mengagumkan dengan perubahan warna airnya yang unik. Saat berada di sini, Anda akan disuguhi pemandangan yang memesona dari hamparan pohon teh dan warna air yang berubah-ubah sesuai dengan waktu dan kondisi cuaca.

Alamat: Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Tiket: mulai dari: Rp15.000

24.Bukit Paniisan: Petualangan Trekking yang Menantang

Bagi pencinta aktivitas trekking atau hiking, Bukit Paniisan adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam Bogor. Dengan jalur trekking yang terkelola dengan baik, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler sepanjang perjalanan dan merasakan sensasi petualangan yang menantang.

Lokasi: Jl. Air Panas, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
Jam operasional: 24 jam
Biaya: mulai dari Rp10.000

25.Puncak Mustika Manik: Wahana dan Spot Foto Instagramable

Berada di ketinggian, Puncak Mustika Manik menawarkan berbagai wahana seru dan spot foto yang instagramable. Pengunjung dapat merasakan keseruan berbagai aktivitas rekreasi dan menikmati pemandangan indah dari ketinggian, menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan di Bogor.

Lokasi: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Biaya: mulai dari Rp15.000

Semua tempat wisata di Bogor yang telah disebutkan merupakan destinasi yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Dengan berbagai pilihan aktivitas dan pemandangan alam yang memukau, liburan Anda di Bogor akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan memberikan kenangan indah bagi Anda dan keluarga

 

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *