Kemunculan remaja-remaja SCBD, yang saat ini dikenal sebagai Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok, yang sering nongkrong di Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat beberapa waktu terakhir, berhasil mencuri perhatian masyarakat.

Mereka tampil dengan gaya pakaian yang eksentrik nan kekinian.

Namun, tahukah kamu asal mula nama dukuh atas ?

Dukuh Atas merupakan kawasan perkampungan yang terletak di sudut barat daya Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Lokasinya sangat strategis, karena berada di dekat pusat bisnis Jakarta di Jl Jendral Sudirman dan di selatan dari Bunderan Hotel Indonesia.

Di kawasan tersebut terdapat stasiun kereta api Jabotabek, bernama Stasiun Sudirman, yang sebelumnya bernama Stasiun Dukuh Atas.

Baca Juga : Sejarah Berdirinya SCBD

Dukuh Atas juga menjadi tempat transit berbagai jalur bus kota di Jakarta. Dukuh Atas sejak lama menjadi kawasan kehidupan malam yang melayani kebutuhan dunia menengah ke atas sejak 1960.

Sejumlah bar dan klub malam berjajar di sana. Selain itu, juga terdapat lokasi pedagang kaki lima yang biasa menjadi tempat makan siang pekerja dari kantor di lingkungan terdekat.

Di Dukuh Atas pun terdapat gedung di Menara Bank BNI dan proyek Banjir Kanal Timur yang juga melintasi kawasan itu.

Tentang asal usul nama Dukuh Atas itu,  Zaenuddin HM menjelaskan dalam buku karyanya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Disebutkan, bahwa nama Dukuh Atas diperkirakan berasal dari pekebunan buah duku yang pernah tumbuh di daerah tersebut pada masa lalu.

Kata “dukuh” itu berasal dari “duku”, yaitu nama umum untuk sejenis buah-buahan anggota suku meliacea.

Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat, juga dikenal dengan nama yang lain, seperti langsat, kokosan, pisitan, dan celoring dengan berbagai variasinya.

Nah, di kawasan itu selain tumbuh pohon duku, ada juga masanya pernah menjadi tempat penjualan buah duku. Akhirnya kawasan itu diberi nama Dukuh Atas.

Demikian sekilas asal usul nama kampung dukuh atas,

jangan lupa subscribe dan sher, yang sudah subscribe ,smoga rejeqinya lancar, aamiin

 

By Pakdhul

One thought on “Sejarah Kampung Dukuh Atas Jakarta Sudirman Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published.