Sponsorship acara atau event adalah salah satu strategi pemasaran yang populer untuk meningkatkan brand awareness. Dengan melakukan sponsorship pada sebuah acara atau event, perusahaan dapat menampilkan merek mereka di depan audiens yang lebih luas dan membangun hubungan dengan konsumen potensial. Namun, agar sponsorship acara atau event dapat efektif dalam meningkatkan brand awareness, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana sponsorship acara atau event dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.

Meningkatkan Brand Awareness melalui Sponsorship Acara atau Event

Sponsorship acara atau event dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dengan cara sebagai berikut:

  1. Menampilkan Merek di Depan Audiens yang Lebih Luas

Dalam sebuah acara atau event, perusahaan dapat menampilkan merek mereka dengan lebih besar dan lebih menonjol. Sebagai sponsor, perusahaan dapat menempatkan logo merek mereka pada spanduk, backdrop, bendera, atau merchandise acara. Dalam beberapa kasus, perusahaan juga dapat menjadi sponsor utama dan menempatkan nama merek mereka pada judul acara atau event.

  1. Meningkatkan Kesadaran tentang Produk atau Layanan

Dalam sebuah acara atau event, perusahaan dapat memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas. Sebagai sponsor, perusahaan dapat menempatkan produk atau layanan mereka pada booth pameran atau memberikan sampel produk atau layanan kepada pengunjung acara atau event. Dalam beberapa kasus, perusahaan juga dapat menjadi sponsor acara atau event yang berkaitan dengan produk atau layanan mereka, seperti sponsor konser musik untuk merek peralatan musik.

  1. Membangun Hubungan dengan Konsumen Potensial

Dalam sebuah acara atau event, perusahaan dapat membangun hubungan dengan konsumen potensial dengan cara yang lebih personal dan interaktif. Sebagai sponsor, perusahaan dapat mengadakan acara atau aktivitas yang melibatkan pengunjung acara atau event, seperti kontes, kuis, atau pertunjukan. Dengan cara ini, perusahaan dapat memperkenalkan merek mereka kepada audiens yang lebih terlibat dan membangun hubungan yang lebih erat.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Perusahaan dalam Melakukan Sponsorship Acara atau Event

Agar sponsorship acara atau event dapat efektif dalam meningkatkan brand awareness, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Memilih Acara atau Event yang Relevan dengan Merek

Sebelum memutuskan untuk melakukan sponsorship acara atau event, perusahaan perlu memastikan bahwa acara atau event tersebut relevan dengan merek mereka. Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang olahraga sebaiknya melakukan sponsorship pada acara atau event yang berkaitan dengan olahraga, seperti turnamen bola basket atau lomba lari.

  1. Menentukan Tujuan dan Anggaran Sponsorship

Perusahaan perlu menentukan tujuan mereka dalam melakukan sponsorship acara atau event dan menyesuaikan anggaran sponsorship mereka dengan tujuan tersebut. Tujuan sponsorship dapat bervariasi, seperti meningkatkan kesadaran merek, memperkenalkan produk atau layanan baru, atau membangun hubungan dengan konsumen potensial. Dalam menentukan anggaran sponsorship, perusahaan perlu mempertimbangkan jumlah pengunjung acara atau event, tingkat kepentingan merek, dan jenis aktivitas sponsorship yang akan dilakukan.

  1. Memperhatikan Persyaratan Kontrak Sponsorship

Sebelum melakukan sponsorship acara atau event, perusahaan perlu memperhatikan persyaratan kontrak sponsorship yang disepakati. Persyaratan kontrak sponsorship dapat berkaitan dengan tampilan merek, jenis aktivitas sponsorship yang akan dilakukan, atau jangka waktu sponsorship. Perusahaan perlu memastikan bahwa mereka memahami persyaratan kontrak sponsorship dan dapat memenuhi kewajiban mereka sesuai dengan kesepakatan.

  1. Membuat Rencana Aktivitas Sponsorship

Setelah memutuskan untuk melakukan sponsorship acara atau event, perusahaan perlu membuat rencana aktivitas sponsorship yang terperinci. Rencana aktivitas sponsorship dapat berisi detail tentang tampilan merek, jenis aktivitas sponsorship yang akan dilakukan, jadwal aktivitas, dan anggaran aktivitas. Dengan membuat rencana aktivitas sponsorship yang terperinci, perusahaan dapat memastikan bahwa aktivitas sponsorship mereka berjalan dengan lancar dan efektif.

  1. Memperkuat Branding di Luar Sponsorship Acara atau Event

Meskipun sponsorship acara atau event dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness, perusahaan perlu memperkuat branding mereka di luar sponsorship acara atau event. Perusahaan perlu memastikan bahwa tampilan merek mereka konsisten di semua saluran pemasaran, termasuk situs web, media sosial, dan iklan. Dengan memperkuat branding di luar sponsorship acara atau event, perusahaan dapat memperkuat kesan merek mereka pada audiens yang lebih luas dan memaksimalkan dampak sponsorship mereka.

Contoh Sponsorship Acara atau Event yang Sukses

Berikut ini adalah beberapa contoh sponsorship acara atau event yang sukses dalam meningkatkan brand awareness:

  1. Coca-Cola di Olimpiade

Sejak 1928, Coca-Cola telah menjadi sponsor Olimpiade dan menjadi salah satu merek yang paling terkait dengan acara olahraga terbesar di dunia. Sebagai sponsor, Coca-Cola menampilkan merek mereka pada semua produk minuman dan merchandise Olimpiade, serta mengadakan berbagai aktivitas seperti konser musik dan pertunjukan seni.

  1. Red Bull di Event Olahraga Ekstrem

Red Bull telah menjadi sponsor berbagai event olahraga ekstrem, seperti Red Bull Rampage, Red Bull X-Fighters, dan Red Bull Cliff Diving. Sebagai sponsor, Red Bull menampilkan merek mereka pada semua merchandise dan memperkenalkan merek mereka melalui acara olahraga ekstrem yang menarik perhatian.

  1. Nike di Maraton New York City

Sebagai sponsor utama Maraton New York City, Nike menampilkan merek mereka pada semua merchandise, bendera, dan spanduk maraton. Selain itu, Nike juga menyediakan sepatu dan pakaian khusus untuk peserta maraton, serta mengadakan aktivitas seperti pameran olahraga dan kelas latihan.

Kesimpulan

Sponsorship acara atau event adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan brand awareness. Dalam melakukan sponsorship acara atau event, perusahaan perlu memilih acara atau event yang relevan dengan merek mereka, memperhatikan anggaran sponsorship, memperhatikan persyaratan kontrak sponsorship, membuat rencana aktivitas sponsorship yang terperinci, dan memperkuat branding di luar sponsorship acara atau event.

Sponsorship acara atau event yang sukses dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness dan memperkuat hubungan dengan konsumen potensial. Beberapa contoh sponsorship acara atau event yang sukses adalah Coca-Cola di Olimpiade, Red Bull di event olahraga ekstrem, dan Nike di Maraton New York City.

Perusahaan perlu memilih strategi sponsorship yang tepat untuk merek mereka dan memastikan bahwa aktivitas sponsorship mereka konsisten dengan citra merek mereka. Dengan melakukan sponsorship acara atau event yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness mereka dan memperkuat kesan merek mereka pada konsumen potensial.

 

 

By Pakdhul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *